Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strepsils: Permen Pelega Tenggorokan

Tenggorokan yang kering maupun mengalami radang tentu membuat tubuh menjadi kurang nyaman. Dalam kondisi tertentu, radang tenggorokan bisa menyebabkan sakit demam. Sebagai solusinya, Anda bisa mengkonsumsi strepsils, permen pelega tenggorokan. Apa saja manfaat tablet hisap ini?

Apa Itu Strepsils?

Strepsils merupakan tablet isap antiseptik yang dapat digunakan untuk membantu meredakan sakit tenggorokan. Obat ini bisa digunakan untuk dewasa / anak-anak usia 6 tahun ke atas. Kandungan utama yang terdapat di dalam tablet isap ini adalah dichlorobenzyl alcohol 1,2 mg dan amylmetacresol 600 McG. 

Strepsils

Selain untuk meredakan sakit tenggorokan, Strepsils juga bisa digunakan untuk mengatasi luka atau peradangan di mulut. Tersedia banyak varian Strepsils yang dijual di pasaran mulai dari original, mentol, mentol dan vanila, lemon dan madu, lemon bebas gula, dan vitamin C rasa jeruk.

Kandungan yang terdapat di dalam semua jenis Strepsils tersebut pada dasarnya sama. Hanya saja terdapat bahan tambahan asam askorbat 100 mg pada Strepsils vitamin C rasa jeruk. Obat ini sangat mudah ditemukan baik di toko offline seperti apotek maupun online di marketplace.

Cara Mengkonsumsi Strepsils dan Efek Sampingnya

Tidak seperti obat pada umumnya yang harus langsung ditelan saat meminumnya, justru tablet Strepsils harus dikonsumsi dengan cara mengisapnya perlahan di dalam mulut hingga larut. Tak perlu khawatir dengan rasa obat yang pahit karena Strepsils hadir dengan aneka rasa layaknya seperti permen.

Meskipun rasanya enak seperti permen, namun perlu diingat bahwa konsumsi Strepsils tetap harus sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Tidak disarankan untuk mengkonsumsi Strepsils lebih dari 12 tablet dalam satu hari. Beri jeda waktu kurang lebih 2 – 3 jam untuk mengkonsumsi satu tablet dengan tablet lainnya.

Jika Anda memiliki alergi terhadap obat, maka lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Karena mengkonsumsi Strepsils bisa menimbulkan efek samping sebagai reaksi alergi obat seperti rasa gatal di tenggorokan dan mulut serta glossodynia atau sensasi terbakar pada lidah dan mulut.

Hal-hal yang Harus Dihindari Sebelum Mengkonsumsi Strepsils

Strepsils memang dijual bebas dan bisa dibeli meskipun tanpa resep dokter. Namun, tetap saja ada hal-hal yang harus diperhatikan sebelum mengkonsumsi Strepsils. Anak-anak di bawa usia 6 tahun tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi strepsils.

Jika Anda memiliki riwayat alergi terhadap bahan-bahan yang terkandung di dalam Strepsils, maka lebih baik jangan mengkonsumsinya. Penderita intoleransi fruktosa, insufisiensi sukrosa-isomaltosa, serta gangguan penyerapan glukosa dan galaktosa tidak disarankan untuk mengkonsumsi tablet isap ini.

Selain itu, Anda juga perlu konsultasi dulu dengan dokter jika sedang dalam proses merencanakan kehamilan, hamil, atau menyusui mengenai boleh tidaknya mengkonsumsi Strepsils. Jika sakit tenggorokan tak kunjung sembuh setelah 3 hari mengkonsumsi strepsils, maka disarankan untuk segera pergi ke dokter.

Berapa Harga Strepsils?

Rasa tidak nyaman dari dalam tenggorokan memang kerapkali mengganggu karena aktivitas normal seperti biasanya pun jadi kesulitan. Apalagi bagi Anda yang pekerjaannya berkaitan dengan suara seperti MC, menyanyi, penyiar berita, dan lainnya. Oleh karena itu, Strepsils bisa menjadi solusi jitu untuk mengatasi masalah tersebut.

Harga strepsils yang dijual di pasaran pun sangat terjangkau mulai dari Rp9.259,00 hingga Rp44.100,00 tergantung jumlah tablet dan kandungan apa yang terdapat di dalamnya. Anda bisa memilih produk Strepsils sesuai dengan kebutuhan. Karena tidak semua orang memiliki reaksi yang sama terhadap tablet isap yang satu ini.

Posting Komentar untuk "Strepsils: Permen Pelega Tenggorokan"